Indofood is Indonesian
Favorite Food
Perusahaan
Indofood Sukses Makmur didirikan pada 14
Agustus 1990 oleh Sudono Salim dengan nama sebelumya adalah PT Panganjaya
Intikusuma namun pada tanggal 5 Febuari 1994 terjadi perubahan nama dan menjadi
Indofood Sukses Makmur. Dalam dunia investasi, para investor dapat membeli
saham perusahaan Indofood Sukses makmur dengan kode saham INDF. Indofood sukses
makmur merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang memproduksi makanan dan
minuman terbesar dan terkenal serta terlaris di Indonesia. Banyak sekali produk yang diproduksi oleh
perusahaan ini. Produk yang paling terkenal adalah produk dengan jenis Mie
Instant, makanan ringan, tepung terigu, pasta, ice cream, biscuit, sirup,
kecap, bumbu, susu serta minyak goreng. Banyak sekali merek dagang yang
dikeluarkan oleh Indofood yang mendapat respon positif oleh konsumen. Tentu nya
diterimanya produk tersebut karena perusahaan ini dikena karena kualitas yang
tetap dijaga sehingga sampai saat ini tetap mendapat kepercayaan dari konsumen
baik konsumen di dalam negeri (Indonesia) maupun konsumen dari luar negeri (
Australia, Asia, Eropa). Tidak heran jika Indofood Sukses Makmur ini
mendapatkan banyak penghargaan, penghargaan tersebut adalah Investor Award
2015, Best Listed Companies, Top Performing Listed Companies in Food and
Beverage Sector oleh Investor Magazine, Corporate Governance Award 2015, dan
lain sebagainya. Penghargaan tersebut tentunya karena hasil strategic yang
dilakukan adalah benar. Salah satu strategi yang sangat baik yang dilakukan
oleh PT.Indofood adalah inovasi yang terus menerus. Salah satu contoh inovasi
produk yang dilakukan adalah pada Mie Instant. PT. Indofood terus berinovasi
dengan memproduksi mie dengan bermacam macam rasa, mulai dari mie instant rasa
makanan daerah di Indonesia hingga mie instant dengan rasa makanan khas dari
Negara tetangga. Contoh mie instant dengan rasa selera nusantara di Indonesia
adalah mie instant rasa rendang, sop buntut, empal gentong, dan mie instant dengan cita rasa makanan khas Negara tetangga
adalah mie instant dengan rasa bulgogi (korea), Tomyam (Thailand)
Inovasi sangat
dibutuhkan dalam berwirausaha. Dengan inovasi perusahaan diprediksi akan terus
going concern, seperti yang dilakukan oleh Indofood Sukses Makmur yang terus
berinovasi sesuai dengan perkembangan zaman dan sesuai apa yang diinginkan
pasar dan sesuai dengan pangsa pasar. Dengan berinovasi memproduksi berbagai
ragam rasa dalam produk mie instan seperti itu, tentunya membuat konsumen
semakin berminat untuk membeli dan merasakan mie tersebut. Hal tersebut menjadi
goal dari perusahaan, karena dengan banyak konsumen yang membeli berbagai
produk tersebut tentunya akan berdampak baik bagi nilai penjualan perusahaan.
Jika penjualan tinggi maka laba yang akan diterima juga sejalan, dan jika laba
perusahaan besar kemungkinan banyak investor yang berminat untuk membeli saham
perusahaan karena dengan harapan akan mendapat dividen, bukan hanya
menguntungkan dari sisi investor namun perusahaan juga akan mendapatkan
tambahan modal ketiga dari investor sehingga dapat digunakan untuk mendanai
kegiatan operasinal maupun kegiatan lainnya sehingga perusahaan semakin maju
untuk masa yang akan datang. sebagai perusahaan besar, Indofood mempunyai logo
dengan nama jelas Indofood dengan warna biru dan bertuliskan lambang makanan
bermutu. Logo adalah cerminan perusahaan, maka tidak heran jika Indofood Sukses
Makmur kini menjadi perusahaan makanan dan minuman terbesar, terkenal, dan
menjadi pilihan konsumen karena produk yang diproduksi sangan beraneka ragam
dan kualitas mutu produk tetap menjadi prioritas sehingga konsumen tetap
memilih produk dari Indofood Sukses Makmur, Tbk.
Sumber