Bisnis Menurut Para Ahli
1. Prof. Owen
Bisnis ialah suatu perusahaan yang
berkaitan dengan produksi dan distribusi barang untuk dijual kembali ke
pasaratau memberikan harga dalam setiap barang ataupun jasa.
2. Urwick dan Hunt
Bisnis ialah setiap perusahan yang
memproduksi dan mendistribusikan serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan
masyarakat dan atas dasar kesediaannya dalam membeli atau membayar.
3. Mc. Naughton
Bisnis merupakan suatu pertukaran
barang, jasa ataupun uang dengan tujuan memperoleh keuntungan.
FFECTUAL ENTREPRENEURSHIP (PRINSIP
EFEKTUASI)
1. Bird In
Hand.
Bird In Hand adalah
ungkapan dalam lingkungan di Amerika yang berarti tentang apa saja yang
dimiliki oleh kita. Apa saja yang ada di tangan kita sebetulnya. Ini bicara
tentang tiga hal, yaitu siapa diri kita, yang kedua adalah apa yang bisa kita
lakukan, dan yang ketiga adalah siapa saja yang kita kenal.Kemudian kita bicara
juga dengan apa yang bisa kita lakukan.
2. affordable
loss.
Affordable loss
artinya sejauh mana entrepreneur itu siap menanggung kerugian. Setiap usaha pasti
ada resiko. Resiko itu beraneka ragam. Bisa resiko uang, resiko waktu, bisa
resiko tenaga, dan sebagainya. Ketika seseorang mau melakukan sebuah usaha, mau
mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi, tentunya juga menghadapi resiko yang
sama.
3.lemonade principle.
Lemonade principle itu juga
merupakan ungkapan yang ada di Amerika, yaitu ketika hidup terasa seperti
lemon, lemon berarti kecut, yang rasanya kecut, buatlah menjadi lemonade.
Lemonade itu limun. Seorang entrepreneur harus bisa punya kreatifitas, harus
punya mental yang tahan uji. Kalau pun ada situasi yang tidak pasti, yang tidak
enak, bisa membuatnya menjadi sesuatu yang berguna, berpeluang
4. crazy quilt.
Crazy quilt yaitu kumpulan dari
perca-perca kain yang dijahit sehingga menghasilkan sebuah selimut yang indah.
Apa maksud dari crazy quilt ini? Crazy quilt ini adalah kemampuan seorang
entrepreneur membangun network dari pihak-pihak yang lain, jadi banyak-banyak
pihak seperti pecahan-pecahan perca-perca kain ini dia kumpulkan, dia jadikan
satu sehingga berguna
5. Pilot In The
Plane.
maksudnya adalah bahwa
hidup kita ini adalah sebuah pesawat dimana kita adalah pilotnya. Maka, kita
lah yang menentukan pesawat kita ini mau ke mana. Kita harus bisa mengontrol
kemana kita mau menuju. Seorang entrepreneur harus tahu. Dia harus punya
determinasi, “O, saya harus ke sana”. Maka harus mencapai hal itu. Jangan
sampai misalnya ada halangan, mundur. Semua ini sebetulnya membutuhkan sebuah keterampilan.
Cara berpikir yang efektual dimana bisa membuat diri bertindak bukan
hanya sekedar misalnya saja mengantisipasi masa depan, karena secara prinsip
kita tidak bisa meramalkan masa depan.
SWOT
Pengertian analisis SWOT adalah
salah satu bentuk analisis dalam manajemen dengan menggunakan prinsip SWOT (Strength,
Weaknesses, Opportunities, and Threats). Analsis SWOT digunakan untuk
melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang akan dihadapi oleh
perusahaan. Dengan melihat kekuatan yang dimiliki serta mengembangkan kekuatan
tersebut dapat dipastikan bahwa perusahaan akan lebih maju dibanding pesaing
yang ada. Demikian juga dengan kelemahan yang dimiliki harus diperbaiki agar
perusahaan bisa tetap eksis. Peluang yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baiknya
oleh perusahaan agar volume penjualan dapat meningkat. Dan ancaman yang akan
dihadapi oleh perusahaan haruslah dihadapi dengan mengembangkan strategi
pemasaran yang baik.
SWOT menurut Sutojo dan F.
Kleinsteuber (2002 : 8) adalah untuk menentukan tujuan usaha yang realistis,
sesuai dengan kondisi perusahaan dan oleh karenanya diharapkan lebih mudah
tercapai. SWOT adalah singkatan dari kata-kata Strength (kekuatan
perusahaan) Weaknesses (kelemahan perusahaan), Opportunities (peluang
bisnis) dan Threats (hambatan untuk mencapai tujuan). Sedangkan Kotler (2008 : 88)
mengemukakan bahwa analisis SWOT adalah evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman disebut analisis SWOT.
Apabila teknik swot analisis
tersebut diterapkan dalam kasus menentukan tujuan strategi manajemen pemasaran
dapat diutarakan sebelum menentukan tujuan-tujuan pemasaran yang ingin dicapai
hendaknya perusahaan menganalisis : kekuatan dan kelemahan, peluang bisnis yang
ada, berbagai macam hambatan yang mungkin timbul.
Kinerja perusahaan dapat
ditentukan oleh kombinasi faktor internal dan eksternal. Kedua faktor tersebut
harus dipertimbangkan dalam analisis SWOT. SWOT adalah singkatan dari
lingkungan Internal Strengths dan Weaknesses serta lingkungan
eksternal Opportunities dan Thearts yang dihadapi dunia bisnis.
Analisis SWOT membandingkan antara faktor eksternal Peluang dan Ancaman dan
faktor internal Kekuatan dan Kelemahan.
SUMBER :